Selasa, 01 Desember 2020

Bitcoin Rally (2020)


Tergiur dan penasaran dengan Bitcoin, saya akhirnya mencoba menyisihkan uang untuk membelinya.

Jujur, dengan pengetahuan saya di pasar modal dan mencoba memahami Bitcoin pun sampai saat ini saya belum paham. Memilih saham saja perlu analisa laporan keuangan, news dan katalis hingga grafiknya yang terbentuk tiap hari. Lalu bagaimana dengan cryptocurrency yang ribuan itu? Apa yang menyebabkan naik-turunnya harga mata uang kripto? Jawabannya: Saya belum paham.

Apa yang saya ketahui hanya permukaannya saja:

  1. Bitcoin hanya dicetak 21 juta keping
  2. Tiap 210ribu bitcoin, nilai Bitcoin yang tercetak sebelumnya akan berkurang setengah dari value-nya
  3. Mata uang kripto nomor 2 adalah ETH (Ether)
  4. Pergerakan dua cryptocurrencies ini (BTC dan ETH) akan mempengaruhi pergerakan Altcoins (mata uang kripto selain BTC dan ETH)
Awalnya saya sangat bingung harus memulai dari mana. Tapi akan saya beritahukan step by step untuk memiliki mata uang kripto.

  • Belilah pada exchange
    • Exchange yang terbesar di Indonesia adalah Indodax. Alternatif lain: Tokocrypto, Rekeningku dan Pintu
    • Exchange terbesar di dunia (setahu saya) adalah Binance. Binance ini berinvestasi pada Tokocrypto, sehingga anda bisa melakukan connect account pada Tokocrypto
  • Binance diakses dengan jaringan Telkom di binance.cc
  • Binance tidak lagi menyediakan deposit IDR via transfer bank, tapi anda bisa beli via P2P Trading (ada orang yang menjual coin / token, anda membayar via transfer bank)
  • Saya beli Tether (USDT, setara dengan mata uang USD) lalu trade menjadi koin yang ingin dimiliki
  • P2P Trading di Binance minimal Rp150.000,-
  • Trade USDT menjadi koin yang ingin anda miliki (misalkan BTC) minimal setara $10
    • itu sebabnya anda minimal deposit Rp150.000,-
  • Binance memiliki fitur yang bisa dimanfaatkan Staking dan Saving
    • Staking: intinya seperti deposito, tetapi ada minimal koin (biasanya besar). Koin anda akan diputarkan ke trader, dan anda akan mendapatkan uang anda + imbal hasil yang sudah ditetapkan diawal
    • Saving: mungkin sama, tapi imbal hasilnya berbeda karena less-risk juga sih
Yep, siapa tahu ingin mencoba.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar