Selasa, 28 September 2021

Memulai Good & Healthy Habit yang Continuous

Shout out untuk podcast Thirty Days of Lunch bersama Yasa Singgih!

Saya suka sekali mendengarkan berbagai macam podcast untuk menemani 15-20 menit perjalanan saya dari rumah ke kantor, atau sebaliknya. Jujur mengenal Thirty Days of Lunch juga sudah agak lama, tapi tidak sering mendengarkan karena (seperti kata Pandji Pragiwaksono) saya pilih-pilih episode yang menurut saya menarik untuk didengarkan.

Kebetulan pada Season 2 episode #34 judulnya sangat click bait untuk saya yang ingin juga merasakan berat badan zaman SMA lagi di kisaran 72-77 kg. Jujur saya akui, untuk berat badan saat ini memberikan efek ke nafas yang lebih berat, terlebih saya sudah pernah mengidap Covid-19 varian Delta (lihat tulisan saya tentang saya tidak takut Covid-19).

Dari podcast episode tersebut, ada bahasan seperti ini:

Tujuan kamu (red: Yasa Singgih) nurunin berat badan 17 kg, kalo udah berhasil terus mau ngapain?

Wah iya.. Anjir bener banget. Biasanya kita begitu kan? Diet.. diet.. kalau udah success, self-reward nya makan-makan, rakus, trus kembalilah ke berat badan semula. Semua orang berpikir bahwa Goals adalah intinya, padahal kalau mau point-of-view yang lebih baik justru progress-nya yang menjadi sorotan utama. Contoh simpelnya: orang kaya. Semua orang ketika lihat orang kaya pasti berdecak kagum. Tapi dibalik kesuksesan mereka pasti ada perjalanan naik-turunnya yang lebih penting, kan?

***

Jadi saya mempunyai ide untuk membuat sebuah blog-gram (akun instagram untuk blogging) yang akan update perjalanan dan progress saya dalam menuju berat badan ideal saya kembali. "Intinya adalah progress-nya, kan?"

Kemudian saya melakukan research dulu dan buat spreadsheet serta pilot-nya. Sebelumnya, saat SMA saya pernah sukses beberapa bulan mengikuti OCD (Obsessive Corbuzier Diet) beserta O7W-nya, sebenarnya OCD = Intermittent Fasting sih, yang intinya mengurangi kalori. Maka dari itu akan saya terapkan lagi dengan pembagian jendela makan per kuartal, yang berarti saya harus mempersempit jendela makan per 3 bulan sekali.

Kondisi saya saat ini overweight, mendekati obese


Jika berdasarkan hitungan ideal, seharusnya BB saya ada di kisaran 70-73 kg


Target saya bisa tercapai BB pada range 69-72 kgs

Untuk blog-gram, saya siapkan akun instagram baru, karena sebelumnya saya tidak menggunakan IG sebagaimana mestinya media sosial. Akun baru tersebut akan digunakan untuk sharing progress OCD saya setiap hari. Hanya akan ada maksimal 365 post di akun tersebut yang berarti saya sudah menjalani diet selama setahun.

Wish me luck! Semoga dengan pilot saya jadi semangat membuat bloggram progress diet saya!

Share:

0 komentar:

Posting Komentar