Rabu, 09 Juni 2021

Mengulik 2 Robot Trading sang Pencari Cuan Pasti

Setiap orang tentunya selalu mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Begitupun dengan saya di masa-masa IHSG sideways juga dibuat bingung dan bertanya-tanya, apakah ada lagi cara untuk mendapatkan cuan?

Kebetulan saya masuk dalam grup telegram alumni saya yang membahas trading, dan ada salah satu alumnus yang menawarkan robot forex NET 89. Cukup pricey bagi saya, karena minimal deposit IDR 9 juta. Kemudian saya mencari alternatif lain dan kebetulan Ko Adrian membahasnya dalam blog miliknya, check the post!


Dalam ulasan di blog, menurut saya Auto Trade Gold 4.0 paling menjanjikan dan masuk akal plus tidak terlalu pricey karena dengan IDR 3,5 juta juga bisa memiliki robot Tier 1. Ketika anda melakukan pencarian di Google dengan kata kunci Auto Trading Gold / Auto Trade Gold / ATG 4.0 akan banyak sekali website dengan nama yang mirip-mirip. Hasil pencarian juga menampilkan lokasi kantornya di ruko Jl. Tomang Raya, Jakarta Barat. Sounds legit right? Kemudian saya memilih 3 website ATG dan menanyakannya via Whatsapp dan mereka semua mengirimkan hasil scan bukti legalitas perusahaan "yang memiliki" robot trading auto trade gold. Saya re-check juga di website resmi milik pemerintah memang verified dan saya hampir nyemplung sembari menunggu THR saya cair.

Kasus Babi Ngepet di Depok juga semakin membuat marketing robot forex ini meramaikan kisah viral yang melanda Negara +62. "Babi ngepet virtual," "Tuyul virtual," dsb.

***

Kisah viral itu membuat saya ingin berpikir lebih rasional perihal tuyul virtual yang hendak saya beri uang untuk bekerja ini. Lalu saya melakukan beberapa pencarian, sebelum OJK memasukkan dua robot ini menjadi investasi ilegal dan pada akhirnya saya tidak memasukkan sepeserpun.

Kebetulan ada Twitter's Thread, akan saya rangkum dan masukkan ke tulisan ini untuk analisa NET 89 / SmartX bot / Smart X Net 89.

NET 89

Robot ini dikenal dengan banyak nama: Robot Trading Net 89, Robot Trading SmartXbot, Robot Trading Smart X Net89 dan bisnis sudah mulai bergerilya sejak 2017 dengan cara menjual "e-book" yang mendapatkan bonus Si Robot ini.

Varian harga e-book mempengaruhi sistem bagi hasil sang robot. Semakin mahal, akan semakin banyak cuan yang dibagikan bisa dilihat di gambar bawah ini ya:

Menggiurkan sekali ya? Pastinya. Namanya juga... Ya begitu lah.

Net 89 menggunakan broker tertentu (seperti yang terlihat diatas) dengan target hasil trading 1% per hari, "Wah gilak! 30% dong sebulan??" Tidak, semua marketing mengatakan average hanya 10% sebulan (which is 120% APY!!!). Dengan profit sebesar ini, boleh dibilang mengalahkan hampir semua trader profesional dunia. Lalu pertanyaannya kenapa repot-repot mencari nasabah receh?

Berdasarkan thread yang dibahas oleh Desmond di Twitter, robot ini terkesan too good to be true, karena memiliki win rate 81% dengan loss beruntun hanya 3 kali (sehabis rugi, langsung profit lagi). Sedangkan di real trading menggunakan bot, statistik seperti robot NET 89 sangat jarang ditemukan.

Menurut Desmond, robot forex seharusnya bisa dipakai di broker mana saja, tetapi tidak dengan Net 89.

Kejanggalan yang ditemukan Desmond saat mengulik akun milik temannya:

  1. Pembukaan posisi, selalu di harga Open. Bayangkan bertahun-tahun berapa ribu transaksi yang sudah terjadi dan semua terjadi di harga Open. Kebetulan atau rekayasa? Pikir sendiri.
  2. Waktu dan Harga tidak sesuai. Transaksi yg sama dilihat pakai MetaTrader versi desktop. Terlihat waktu transaksi sampai ke detiknya. Kelihatan kan waktu transaksi tidak pas di awal menit. Tapi ajaibnya bisa selalu di harga Open.
  3. Harga dan candle tidak sesuai. Lihat transaksi buy, seharusnya dapat harga Ask. Grafik forex selalu digambar pakai harga Bid. Berarti harga Ask mestinya di atasnya karena ada beda spread. Tetapi tetap saja dapatnya harga Open yg merupakan harga Bid
  4. Pembukaan posisi trading delay. Untuk mengecek, Desmond memakai aplikasi untuk capture screen setiap menit. Kemudian saya cocokkan waktu pembukaan posisi yang tercantum di Trade History dengan kemunculan riilnya di MetaTrader. Sebagai contoh, silakan lihat gambar:
            

Kesimpulannya, Apakah Net 89 penipu? Jika robot ini real terlalu banyak kejanggalan yang ditemukan tetapi jika tidak real dari mana profit yang dibayarkan? Skema Ponzi? Money Game? Jika memang benar hanya modus modern digabung dengan MLM, lalu kapan habisnya kisah NET 89 ? Selama bisa merekrut anggota baru, modus seperti ini akan tetap berjalan terus.

Bolehkah ikut join? Robot ini 101% spekulasi, mau tidak ikut ya monggo, mau ikut ya silahkan. Asal...... Tidak menggunakan uang dapur!


Auto Trade Gold 4.0

Nah untuk ATG, kebetulan saya mengulik sendiri dikarenakan sempat tertarik dan tinggal menunggu THR untuk dimasukkan ke robot ini. Saya menulis investigasi ini secara privat di grup bersama teman-teman saya pada 21 Mei 2021 (seminggu setelah Lebaran 2021). Berikut investigasi ringkas saya terhadap ATG 4.0 :


Auto Trade Gold 4.0 adalah produk yang diperdagangkan oleh PT SDI sekarang menjadi PT SDFI dan mereka sudah memiliki legalitas di Indonesia sebagai perusahaan dari Kemenkumham dan Kemendag. Saya menemukannya melalui blog terkait finansial serta youtube yang membahas potensi profit + passive income dengan "menggunakan" robot ini. Apa yang membuat saya tertarik adalah legalitas yang sudah dimiliki, dibandingkan dengan robot lain yang tidak terlalu jelas legalitasnya.

Next, investigasi selanjutnya adalah Sang Robot!

Robot ATG ini hanya bermain di XAU/USD (emas) dan hanya bisa digunakan dengan broker Lego Market LLC. Broker tersebut mencatumkan diri bahwa memiliki base di China, serta menyatakan bahwa sudah memiliki lisensi NFA. Hal tersebut juga sering diucapkan oleh marketingnya. Apa itu NFA? NFA adalah sebuah lisensi yang wajib dimiliki oleh broker.

Oh, oke dong berarti? Legalitas di Indonesia OK, lisensi broker juga OK.

WAIT!

Saya awalnya percaya tanpa re-check, namun... Saya melakukan pengecekan ulang di website milik Lego Market LLC (yang sekarang menjadi Internet Positif). Saya coba cari terkait lisensi NFA yang disampaikan oleh marketingnya dan Ya, ada tertera di bagian bawah, cek link ini sebagai referensi lain. NFA by Saint Vincent and the Grenadines. Apakah badan yang memberi lisensi NFA di Amerika Serikat sama dengan negara badan di kepulauan Karibia ini? Nope. NFA yang tertera adalah lisensi untuk kepemilikan senjata di negara Saint Vincent and the Grenadines (National Firearms Association), ini jelas tertera di website nya!

Dan yap, langsung pada detik saya menemukan kenyataan NFA yang dimiliki abal-abal, saya menarik nafas lega untuk menahan uang saya sebelum jatuh di "robot ngepet" ini.


***


Jadi, inti dari pembahasan ini adalah: sifat manusia yang paling buruk di setiap masa adalah Greed atau Tamak. Kerakusan itu dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh orang lain dan menjerumuskan kita sendiri. Semua orang selalu mencari jalan instan untuk mendapatkan uang.

Tidak ada sukses instan, kecuali pesugihan. Pesugihan pun memiliki syarat / tumbal yang disampaikan di awal. Nah bedanya dengan keputusan finansial, kita sendiri yang perlu mencari syarat / tumbal yang tertera. Analisis secara kritis adalah koentji!

Sekian dulu review 2 robot yang sempat memikat saya, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan ya!

Share:

0 komentar:

Posting Komentar